Sabtu, 14 Juli 2012

Tips Belajar Gitar Untuk Pemula


Oke sekarang gw bakalan ngajarin kalian bagaimana cara belajar bermain gitar untuk pemula, yah bisa dibilang bagi kalian yang belum pernah pegang gitar sama sekali bisa ikutan belajar disini.

Bukannya bermaksud untuk menyombongkan diri. Tapi sudah cukup banyak orang-orang yang udah gw ajarin main gitar, dan Alhamdulillah sekarang mereka sudah bisa bermain dengan cukup lancer, yahh nanya-nanya sedikit sih masih ada lah.

Sebenarnya syarat utama untuk belajar gitar yaitu “Niat”. Jika kita mempunyai niat yang kuat, insya allah dengan didukung latihan yang tekun pasti bisa.

Belajar gitar sama gw gampang, gak susah dan dijamin kalian pasti cepet bisa kalau kalian serius membaca artikel ini.

Yap..Ini adalah hal-hal yang kalian butuhkan untuk belajar gitar.



Yang pertama yaitu kalian harus punya gitar dulu. Tidak perlu membeli yang mahal-mahal cukup yang murah asal jangan murahan karena hasil yang dihasilkan dari suara gitar juga mempengaruhi mood kita untuk berlatih. 

Kalau tidak mempunyai budget ya bisa pinjam teman, dan jangan lupa gitarnya di “Stem”ß (istilah yg sering dipake untuk mengatur senar gitar). Karena kalau senarnya fals kalian juga akan bertambah bingung ketika kalian menekan grip yang benar tapi suara yang dihasilkan terdengar aneh.


Yang kedua siapkan jari-jari kalian pada kondisi yang sempurna, yah bisa dengan melakukan pemanasan/peregangan pada jari-jari. Kenapa?? Karena menekan senar gitar itu kalau dililhat memang mudah, tapi jika dipraktekkan pada kalian yang belum pernah menekan senar gitar itu membutuhkan kekuatan jari-jari yang sangat kuat.jika kalian menekan senar gitar dengan kekuatan yang setengah-setengah, nanti suara yang ditimbulkan menjadi tertahan atau bahkan tidak bunyi.

Tidak heran banyak para pemain gitar pemula merasakan kesakitan pada jarinya. Tapi tenang saja, karena lama kelamaan jari kalian juga pasti terbiasa dan gw juga pertama kali belajar gitar sampai jari kapalan.


Selanjutnya yaitu kalian harus punya Table Chord. Yah tidak perlu kalian hafalkan semuanya, cukup dibagian Mayor dan Minor saja. Tapi kalau kalian bisa menghafalkan semuanya itu akan lebih baik lagi.

Jika kalian sudah hafal dengan kunci dasar Mayor dan Minor saja, itu sudah cukup bisa membuat kalian menyanyikan semua lagu.

Gw ada contoh lagu yang kebetulan kuncinya mudah dan lagunya juga enak. Sebenernya lagu ini yang pertama kali bisa gw mainin ketika pertama kali gw belajar gitar dan Alhamdulillah sampai sekarang masih menjadi lagu andalan untuk mengajar gitar. Judul lagunya “Semua Tak Sama” yang dibawakan oleh “PADI”. Check this out!


C        Am           Em 
Dalam benakku lama tertanam 
        G 
sejuta bayangan dirimu 
C        Am           Em 
Redup terasa cahaya hati 
           G 
Mengingat apa yang telah engkau berikan 

C Am Em G 

C         Am              Em 
Waktu berjalan lambat mengiring 
        G 
dalam titian takdir hidupku 
C         Am        Em 
Cukup sudah aku tertahan 
         G 
dalam persimpangan masa silamku 

F          C                        Em 
Coba tuk melawan getir yang terus kukecap 
                 F      G 
Meresap ke dalam relung sukmaku 
F            C                    Em 
Coba tuk singkirkan aroma nafas tubuhmu 
                 F    G 
Mengalir mengisi laju darahku 

[Chorus] 
C             CMaj7            Am 
Semua tak sama .. tak pernah sama 
              F     G          C 
Apa yang kusentuh apa yang kukecup 
C            Am                 Gm 
Sehangat pelukmu .. selembut belaimu 
         Dm                   F     G     C 
Tak ada satupun yang mampu menjadi sepertimu 

C       Am           Em      
Apalah arti hidupku ini  
       G 
memapahku dalam ketiadaan 
C         Am                 Em 
Segalanya luruh lemah tak bertumpu 
         G 
Hanya bersandar pada dirimu 
C          Am              Em 
Ku tak bisa, sungguh tak bisa 
           G 
mengganti dirimu dengan dirinya 


F          C                        Em 
Coba tuk melawan getir yang terus kukecap 
                 F      G 
Meresap ke dalam relung sukmaku 
F            C                    Em 
Coba tuk singkirkan aroma nafas tubuhmu 
                 F    G 
Mengalir mengisi laju darahku 


[Chorus] 
C             CMaj7            Am 
Semua tak sama .. tak pernah sama 
              F     G          C 
Apa yang kusentuh apa yang kukecup 
C            Am                 Gm 
Sehangat pelukmu .. selembut belaimu 
         Dm                   F     G     C 
Tak ada satupun yang mampu menjadi sepertimu 

[interlude] F C 2x G 
            G Am F  

[Chorus] 
C             CMaj7            Am 
Semua tak sama .. tak pernah sama 
              F     G          C 
Apa yang kusentuh apa yang kukecup 
C            Am                 Gm 
Sehangat pelukmu .. selembut belaimu 
         Dm                   F     G     C 
Tak ada satupun yang mampu menjadi sepertimu 

C                      Am 
Sampai kapan kau terus bertahan 
Gm                     Dm    G 
Sampai kapan kau tetap tenggelam 
C                      Am 
Sampai kapan kau mesti terlepas 
Gm        Dm         F     G     C 
Buka mata dan hatimu relakan semua.. 

Ini adalah Chord-chord yang ada didalam lagu ini.
C Mayor

A Minor

E Minor

G Mayor

F Mayor

Kenapa gw pilih lagu ini? Karena perpindahan tangan dari kunci satu ke kunci lainnya tidak terlalu sulit, jadi mudah untuk dihafalkan. bagi kalian yang belum pernah mendengar lagu ini, silahkan dengarkan dulu lagunya baru kalian mulai latihan.Atau kalau lagu ini terlalu pelan untuk kalian, kalian bisa mencari chord lagu dari Cranberries-Zombie.
Jika kalian sudah hafal lagu ini, bisa mencoba lagu2 lainnya yang mempunyai tingkatan kunci yang lebih sulit dan lebih banyak.

Semakin sering kalian berlatih, semakin hafal pula letak maupun suara dari nada dasar tersebut, sehingga jika ada senar yang fals kalian bisa membedakannya dan menetralkannya melalui pendengaran kalian.

Sekian tipsnya dan selamat mencoba. Salam Musik Indonesia.




43 komentar:

Andry Andreas Panggabean mengatakan...

thanks mas sudah sharing :) kunjungi juuga blog saya tentang Panduan Belajar Gitar Bagi Pemula

Eko Nurcahyo mengatakan...

Andry: sama-sama...

AGL - Team mengatakan...

salam kenal...
bagi pengunjung yg ingin memperdalam gitar dan download materi pelajaran gitar utk pemula, blues, jazz GRATIS silahkan kunjungi www.gitarzoom.blogspot.com
trims

Eko Nurcahyo mengatakan...

AGL: terima kasih atas kunjungannya..
wah blognya komplit banget..keren mas..
jgn lupa difollow ya

darg clown mengatakan...

gw coba bro
thank before...

Eko Nurcahyo mengatakan...

darg clown: Silahkan dicoba bro...sejauh ini sih berhasil...terima kasih atas kunjungannya..

cute-chocky mengatakan...

Salam kenal, buat yang lagi cari kado/hadiah untuk orang tersayang yang demen banget ama musik, kunjungi www.pernakpernikmusik.com

wawa ismael mengatakan...

oh i'm trying. susah lah main gitar ;(

Eko Nurcahyo mengatakan...

gak susah kok.....kalau cuma coba sekali memang sulit, tapi lama kelamaan pasti bisa...

nop pha mengatakan...

dah nyoba tpi tangan ku terluka :(

Eko Nurcahyo mengatakan...

namanya juga belajar...baru petik gitar, apalagi Harpa yg senarnya kenceng2...
nanti lama-kelamaan juga jari adaptasi sendiri.

jessica susi indri figter dbs mengatakan...

hy kak aku jessica salam kenal y,, kak aku ada di hongkong aku nih mau belajar main gitar kak ajarin aku dong , makasih.

Eko Nurcahyo mengatakan...

Jessica: Wahh jauh ya di Hongkong...saya di Jakarta, Indonesia...

Ayu Pangestuty mengatakan...

Thanks bro, membantu banget nih .

annas aditya mengatakan...

mas, kalo awal2 bljr gitar. Tp pke yg elektrik gmana?

Eko Nurcahyo mengatakan...

Ayu: Sama2...terima kasih sudah berkunjung ke blog saya.

Annas Aditya: Gak papa sih kalo pake gitar elektrik, cuma biasanya gitar listrik senarnya lebih kendor dan lebih terdengar suaranya klo kita salah petik chord..

annas aditya mengatakan...

mas, kalo neck gtar terbuat dr kayu sengon gmna?

ryoon akbar mengatakan...

makasih mas, tips nya oke,

saya juga bikin materi tentang belajar gitar,

salam kenal ya
http://belajarguitarzone.blogspot.com

risky ramdhani mengatakan...

aduhh, makasih bimbingannya, masih terus belajar dengan keras nih, soal nya belum tahu apa" sama sekali

Eko Nurcahyo mengatakan...

@Ryoon: Sama2...oke nanti saya kunjungi.Kalau bisa difollow juga ya gan... :P

@Risky: Sip,,Kuncinya itu belajar, 1%bakat 99%belajar....:D

CivilSociety mengatakan...

http://tertinggalkan.blogspot.com/2013/01/separuhaku.html

Secret_Girl mengatakan...

aku sih bsa sblm liat bllog ini c, g, dm, am, em,fm cuman kalo f nya itu susah bgt hrus di tkn 3 senar dlm 1 jari

Eko Nurcahyo mengatakan...

@secret girl: kalau itu memang agak susah, karena kalau menekannya tidak kuat, maka senar akan fals..Kalau saya dulu biasanya untuk chord F, jari telunjuk cukup tekan satu senar saja yaitu senar 2..

Ravie Zuhriyan mengatakan...

caranya stem gmana gan?

Eko Nurcahyo mengatakan...

Ravie: Kalau stem biasanya saya mulai dari senar enam sampai ke satu. Biasanya stem senar 6 rendah, dan untuk stem senar 5. Caranya tekan senar enam pada grip ke lima, dan senar 5 di loss. Samakan suara senar 5 ke 6, dan jangan 6 ke 5. Untuk stem senar 4, yg ditekan pada grip 5 yaitu senar lima, Stem senar 3 yg ditekan senar 4. Untuk Senar satu dan dua, sesuai feeling anda saja. Semakin sering dengar nada, nanti telinga anda juga terbiasa dengan senar gitar itu sumbang/tidak....
Semoga membantu dan semoga gak bingung....hehehehe

Titi Setiyoningsih mengatakan...

Cmaj7 itu gimana yaa?

Eko Nurcahyo mengatakan...

@titi: Seperti ini..
CMaj7

Titi Setiyoningsih mengatakan...

makasih banyak mas eko nurcahyo :D

Gus Anom mengatakan...

Yes, sudah agak lancar
walaupun agak putus putus :D

Gus Anom mengatakan...

Thank's Mas Eko

Eko Nurcahyo mengatakan...

Titi: Sama2, senang bisa membantu..
Gus Anom: Wahhhh selamat ya...

ariissa_ciiMudth mengatakan...

pengen banget bisa maen gitar..
punya tips gak?

Eko Nurcahyo mengatakan...

arisa: tipsnya ya belajar dong...Lah ini kan tips belajar gitar, gak dibaca ya?? (-__-")..

Reyal Musik (Part II) mengatakan...

nice article... suka musik atau anda seorang pemain musik yang selalu haus akan ilmu ??? silahkan berkunjung ke blog yang khusus membongkar rahasia-rahasia ilmu musik yang jarang diungkap… http://rahasiailmumusik.blogspot.com

Doom mengatakan...

waaaaah agak susah siih sampe kebingungan tapi gua gk nyerah ....

azzario razy mengatakan...

Kunbal mas di akustikers.blogspot.com

AGL - Team mengatakan...

silahkan dapatkan materi belajar blues dan jazz dasar

Bintang Raksaguna mengatakan...

bermanfaat sekali keep rock n roll
http://jengkrung-belajargitar.blogspot.com/

les covalent mengatakan...

latihaaaann.. aku harus bisaa

les privat

Mulai Bingung mengatakan...

Sangat bermanfaat gan, jangan lupa Numpang kesini http://mulaibingungmb.blogspot.com/ :)

Budianto Sanjaya mengatakan...

Kak eko , cara pindah kunci gimana harus cepet? Aku mau mindah tapi bingung tolong y thanks

Auliya Oktoriamsa mengatakan...

klo untuk kunci dasar alhamdulillah bisa tp untuk main di kunci" balok itu masalahnya hahahaa ada tips kah?

Aming Triyana mengatakan...

Bermain gitar mungkin bisa di pengaruhi sama yang namanya bakat juga kali ya,,, saya udh coba belajr tapi gk faham2 juga,, ?? hmmmM :'(

Poskan Komentar

View